be a good moeslim and dies as suhada

Date

Thursday, 7 May 2015

mengapa tidak boleh salah ?




simak cerita singkat ini!!!

"Ada seorang anak muslim sedang menggambar dan melukis lalu ditanya,

-         -Kamu mau menggambar apa dek?

-      - - Dengan polos anak tersebut menjawab adek mau menggambar tuhan om

-         - Dengan terheran lalu ditanya lagi memang mengapa mau menggabar tuhan?

-         - Dengan jujur pula ia jawab kemarin adek tanya sama papa bagaiman bentuk tuhan, papa bilang tuhan itu adanya di langit dan di surga, papa juga  bilang kalau tuhan tak bisa dilihat tapi hanya bisa dirasakan



Tak berapalama kemudian gamabaran anak tersebut selesai dengan bentuk yang bagi anak itu itulah bentuk tuhan, lalu ditanya lagi

-          - Kok bentuk tuhan kayak gitu ?

-         - Dia dengan percaya jawab kan tuhan hanya bisa dirasakan jadi yang adek rasakan tuhan betuknya begini om "


Disini saya bukan mau bahas tentang agama ataupun tentang ketuhanan tapi disini saya akan bahas bagaimana naluri dan imajinasi anak itu timbul. Dengan gambaran cerita diatas bagaiman percaya diri seorang anak yang umurnya masih sangat kecil tapi bisa membuat orang dewasa di sampingnya takbisa menyalahi pendapatnya, artinya apa? anak tersebut tak pernah takut untu salah. Karena bagi mereka salah itu tak pernah terhantui dan terpikir olehnya. Tapi dengan beriringan waktu ia mualai tumbuh dewasa anak yang tadinya belum duduk di bangku sekolah sekarang ia sudah hampir menyelsaikan sekolah menengah atas. Jika ditanya apakah kreativitas, naluri, dan imajinasi anak tadi berkembang jawabanya tidak sama sekali justru makin berkurang, karena apa waktu anak tersebut duduk di bangku sekolahan guru-gurunya menstimulus anak tersebut untuk tidak salah dalam pengertian anak dilarang salah, apa bila anak salah di suruh berdirih didepan kelas, jika nilai matematika anak buruk bukanya diajar supayah bisa tapi di jemur didepan kelas. guru-guru di sekolah secara tidak langsung menuntut anda untuk menjadi guru contoh Guru sejarah menuntut ia cerdas dalam sejarah, guru matematika menuntut ia untu cerdas dalam matematika juga termasuk guru-guru lainya menuntut anak tersebut untuk tak pernah salah dan selalu benar dalam mata pelajaran mereka. Dengan hal ini anak tersebut merasa dia harus cerdas matematika, bahasa, sejarah,pkn,kesenian,ips,ipa dll pada faktanya belum tentu guru matematika pintar bahasa inggris, belum tentupula guru sejarah pintar kesenian lalu mengapa anak dituntut pintar semuanya.
Lalu jika kita lihat dari dampak dari sistim mengajar seperti itu sangat tampak terlihat, maka jangan heran jika besar nanti anak tersebut hanya bisa menghapal di banding menganalisis bagaimana ia mengerti pelajaran tersebut karena di sekolah kita disuruh menghapal,menghapal dan menghapal. Terus disekolah kita diajarkan pengelompokan matapelajaran dengan standart kesuksesan contoh jika nilai sejarah anda 80 dan nilai matematika anda 60 maka anda tidak naik kelas tapi bila yang terjadi sebaliknya anda akan bisa naik kelas, dari sisi ini sangat terlihat kesenjanganya dengan kata lain orang yang tidak pintar matematikan tidak akan sukses. Jangan heran juga jika anda waktu kecil suka main bola dengan nilai olahraga 95 dan anda kurang pandai matematika dengan nilai 65 yang akan dikasih les atau jam tambahan malah matematika atau hal yang anda kurang senang, mengapa sebagai orangtua dan guru anak tersebut anda bijak dan berpikir anak ini punya bakan di olahraga dan kalian harus mengembangkan olahraganya sedangkan matematikanya anda ajarkan sebatas ia bisa saja bukan pintar matematiaka. mengapa hala itu tidak terjadi ? karena kembali lagi kepandangan awal dengan pendapat  kalau olahraga itu tidak bisa membuat sukses yang bikin sukses itu justru matematika. tahun 2016 jumlah kelulusan s1 di dunia lebih banyak 400% dari 2013 dan akan selalu meningkat setiap tahunya bisa jadi tahun 2020 semua orang didunia punya ijazah s1, dengan kata lain sekolah tak menjamin kesuksesan seseorang yang menjamin kesuksesan adalah kekreativitas anda. banyak yang kulyah jurusan guru malah bekerja di bank-bank swasta dan ada juga yang tidak sekolah jurusan guru tapi bisa mengajar dengan baik karena bakat mereka disitu. maka disini saya terangkan lupakanlah hal yang anggap anda susah dan perdalamilah dan kembangkanlah hal yang anda anggap mahir dan bisa karena masa depan tidak tergantung dari ijazah tapi tergantung pada kemampuan anda.
sekarang tugas pemerintah mempersiapkan generasi mudah penerus bangsa ini jika disekolah masih diterapkan metode menghapal dan meniru jangan bingung jika kelak mereka jadi pemimpin cumah bisa berbuat seperti yang guru mereka perbuat dahulu, karena itu adlah cara yang diajarkan guru mereka dengan kata lain guru mereka telah membuat mereka takut salah apabila tak sama yang diajarkan oleh guru mereka.
Dengan kata lain sekolah yang membunuh kreativitas anda ada juga yang berpendapat kalau matematika itu susah makanya harus di ajarkan dengan detail, sekarang kita membayangkan coba  jika bertemu biolah di jalan bisa ngak anda memainkanya? jawabanya tentu tidak, jika anda bertemu kalkulator dijalan bisa tidak anda memainkanya? jawabanya pasti ia, terus siapa yang berani bialng matematika lebih sulit, lalu dari mana yang mengatakan. Jadi kesimpulanya pantas saja yang jadi ilmuan itu banya dari orang-orang yang putus sekolah atau hanya  sebatas sekolah dasar karena kreativitasnya belum sepenuhnya dibunuh oleh gurunya.
untuk itu mulai dari sekarang bagi anda calon guru ataupun sudah jadi seorang guru berpikirlah bagaimana anak didik anda mampu bersaing bukan hanya pintar mata pelajaran karena kalau cumah untuk pintar anak bisa belajar dari buku tapi guru di siapkan untuk mengajarkan bagaimana anak ini tumbuh dan kreative dalam mata pelajaran supaya bisa bersaing juga jangan anda bunuh siswa anda dengan harus pandai semua mata pelajaran. bagi anda sebagai orang tua ataupun bakal jadi orang tua jangan sekali-kali bunuh kegemaran anak anda, kalau ia suka sepak bola ya normalnya masuk sekolah olahraga bukan les fisika atau kimia juga sebaliknya
Dari uraian diatas saya tidak mengatakan kalau sekolah itu tidak penting , sekolah itu sangat penting bagi saya tapi proses dalam sekolah itu ada hal-hal yang keliru, tidak tau siapa yang keliru dan sejak kapan hal itu terjadi itulah hal yang harus kita cermati bersama. Sayangnya kita kadang tak pernah menyadari itu makanya saya katakan mari kita berpikir!!!




No comments:

Post a Comment